Jumat, 10 Oktober 2014

Jiwa Lingkungan Di Rubycon Indonesia

Batam Oktober 2014, Pertemuan antara Team Go Green PT Rubycon Indonesia diwakili oleh David , Agus
Team Go Green PT Rubycon Indonesia menaiki speed boat
dan beberapa orang activist lingkungan disaksikan masyarakat pulau Labu berlangsung penuh kekeluargaan.

Rasa optimist dari sekumpulan anak-anak muda yang berwawasan lingkungan menjadikan mereka mendapat nilai plus dari kami. Mengapa demikian, selain mempunyai basic pekerjaan yang tetap sebagai karyawan PT Rubycon mereka telah bersusah payah untuk searching mengenai lingkungan mangrove dan menjumpai kami di lokasi pembibitan Mangrove di Pulau Labu.

Bagi kami melestarikan ekosistem Mangrove bukan hal yang baru, kegagalan demi kegagalan telah kami hadapi, namun rasa bahagia juga sering kami dapatkan saat melihat bakau yang kami tanam tumbuh membesar. Dan kedatangan Team Go Green merupakan sebuah bentuk apresiasi yang sangat tinggi bahwa kami, adalah bagian pelestarian hutan Mangrove di Batam. Biasanya kami yang mendatangi orang atau perusahaan untuk melobby mereka agar mereka lebih perduli lingkungan.


Pada kesempatan itu kami menawarkan kepada mereka untuk aktif mengkampanyekan pentingnya ecosistem mangrove bagi ecoregion disekitaran pulau Batam. Intinya bagaimana meyakinkan orang lain agar jiwanya bergetar saat lingkungan Mangrove punah, dan ceria saat bungkat/bibit Bakau menampakan daun pertamanya.

Rumah bakau sesaat sebelum makan asam pedas
Respon cepat dari pionir lingkungan.

Pasca pertemuan di Pulau Labu, Team Go green rupanya tertantang dan merasakan jiwa kepedulian lingkungan mereka terpanggil, lalu mereka merespon dengan lobby-lobby serta meeting secara teratur dan mereka menjawab, dengan mengirmkan email yang mendukung kegiatan ini serta mensosialisasikan di lingkungan pekerjaan mereka. berikut petikan email dari Agus mewakili team go green:

"Salam Sadtoe Djiwa untuk Alam kita...

Sesuai dengan harapan kami untuk mewujudkan rasa peduli lingkungan
khususnya karyawan PT.Rubycon Indonesia
Kami telah mengajukan beberapa proposal&option ke management (Japanesse)kami.
Dan kami bersyukur telah "Disetujui" dan diapresiasi oleh banyak pihak
untuk terus melancarkan aksi peduli lingkungan khususnya pelestarian hutan
Mangrove."


Bisa dibayangkan bila team go green ini terbentuk di 100 perusahaan yang ada di Batam, dan masing-masing mempunyai relawan sebanyak 5 (lima) orang,  masing-masing setiap orang menanam 10 (sepuluh) anakan mangrove/bulan, maka puluhan ribu serta berhektar-hektar lahan bakau yang rusak, dapat dipulihkan dengan mudah, sambil berekreasi, bersosialisasi serta menemukan lingkungan baru. (Rzl 001)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar